Amerika Serikat Manfaatkan Anjing Untuk Mendeteksi Orang Tanpa Gejala COVID-19

Dunia Viral - Amerika Serikat Manfaatkan Anjing Untuk Mendeteksi Orang Tanpa Gejala COVID-19. Selain setia, anjing merupakan binatang yang tergolong cerdas dan mudah untuk dilatih. Binatang berkaki 4 dan tergolong binatang yang umum dijadikan peliharaan ini sangat dekat dengan kita, manusia. Faktanya, tidak sedikit manusia yang memelihara anjing sebagai binatang peliharaan atau bahkan dianggap sebagai anggota keluarganya sendiri. - Mejaqq


Baca Juga : Positif COVID-19 Kembali Ditemukan di Wuhan, Tiongkok. Gelombang Kedua Wabah Pandemi?

Kecerdasan anjing bahkan bisa dimanfaatkan untuk membantu beberapa tugas manusia. Contohnya, kepolisian yang memanfaatkan bakat anjing untuk mengendus barang guna menemukan target operasinya.

Sadar akan kelebihan lebih seekor anjing, baru-baru ini beberapa ilmuwan di Amerika Serikat mencoba terobosan baru dalam bidang kesehatan. Kecerdasan serta indra penciuman anjing yang mengungguli manusia dimanfaatkan untuk mendeteksi atau menemukan orang-orang yang terinfeksi virus Corona. Tentunya, hal tersebut untuk meningkatkan usaha manusia memutus rantai penyebaran pandemi COVID-19.


Anjing Dapat Mendeteksi Corona Melalui Urin dan Liur Manusia


Di kala pandemi COVID-19 yang tidak kunjung usai ini, beberapa langkah layak untuk ditempuh agar bisa meringankan dampak yang disebabkan penyakit satu ini. Salah satunya, usaha ilmuwan Amerika Serikat yang mencoba melatih anjing sebagai media guna mendeteksi virus Corona pada manusia.

Bandarq Online - Sebanyak 8 anjing dilatih selama 3 pekan. Latihan ini dilakukan di Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat. Anjing-anjing ini dilatih mendeteksi virus Corona melalui media urin dan liur manusia. Cynthia Otto, salah satu profesor dari universitas tersebut menyebutkan bahwa anjing sendiri memiliki kemampuan luar biasa dalam mengendus kondisi yang berbahaya.

Pendeteksi aroma yang dimiliki anjing, menurut Otto, bisa mendeteksi konsentrasi rendah dari senyawa organik yang mudah menguap (Volatile Organic Compounds/VOC) yang terkait dengan berbagai macam penyakit, seperti kanker ovarium, tumor hidung, dan infeksi bakteri.

VOC ini hadir dalam darah, air liur, urin, dan napas seorang manusia.


Potensi Anjing Deteksi Virus Corona Sangat Besar



Bukan cuma untuk mendeteksi orang dengan gejala saja, anjing-anjing ini diharapkan nanti dapat medeteksi virus Corona dari Orang Tanpa Gejala (OTG). Perlu diketahui, kategori Orang Tanpa Gejala ini baru saja ditemukan akhir-akhir ini dan merupakan kategori yang benar-benar sulit untuk dideteksi.

Sebelumnya, Universitas Durham bersama dengan Medical Detection Dogs Charity dan London School of Hygiene and Tropical Medicine sudah memulai studi tentang kemungkinan anjing dalam mendeteksi virus Corona.

"Potensi dari anjing-anjing ini dan kapasitas mereka untuk bisa mendeteksi COVID-19 sangatlah besar." Ucap Otto.


Cara Anjing Mendeteksi Virus Corona Pada Tubuh Seseorang


Dengan mengendus seseorang secara bergantian dalam waktu yang singat, diharapkan anjing-anjing terlatih ini dapat mengetahui, mana orang yang perlu diisolasi dan mana yang tidak. - Agen Bandarq Online

Seekor anjing dapat mengendus seseorang dalam waktu hanya 0,5 detik saja. Setelah itu anjing bisa dengan cepat mengidentifikasi orang mana yang perlu di tes. mana yang harus langsung di isolasi.

Baca Juga : Evolusi Game God of War. Game Action Hack and Slash yang Terus Berjaya!

Tentu saja, hal ini sangat kita harapkan dapat berjalan dengan hasil yang memuaskan, semua itu pastnya guna untuk memutus rantai penyebaran virus Corona. Agar bumi bisa bernapas kembali seperti sediakala.

Posting Komentar

0 Komentar