Viral! Umat Hindu Sembahyang di Luar Pagar Candi Prambanan!

Dunia Viral - Viral! Umat Hindu Sembahyang di Luar Pagar Candi Prambanan! Sebuah postingan di akun Twitter @GlHindu terkait umat Hindu yang bersembahyang di luar pagar Candi Prambanan ramai dibicarakan di dunia maya. Saat dimintai tanggapan terkait postingan tersebut, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) I Nyoman Warta mengaku perlu menggelar rapat terlebih dahulu. - Bandarq Online


Baca Juga : Viral! Penghina Wali Kota Surabaya Terciduk Polisi

"Saya rapat dulu dengan pengurus. Nanti rapat intern dulu, tunggu ya," ucap Nyoman Warta.

Nyoman mengaku belum bisa banyak bicara terkait postingan itu karena masih ada di luar kota. Menurutnya, pihaknya membutuhkan waktu untuk bisa mengambil sikap. Setidaknya sampai dia kembali ke Yogyakarta.

"Tunggu ya, tanggal 8 Februari (2020) saya sudah di Yogyakarta," ujarnya.

Diwawancarai terpisah, Sektetaris PHDI DIY Wayan Ordiyasa Puji mengatakan pihaknya ingin memastikan lebih dulu foto yang viral itu diambil pada saat kegiatan apa.

"Maaf, saya belum berani komentar dulu karena saya belum paham foto itu pas event apa," kata Wayan.

Dia menyebutkan, sebuah foto yang diambil belum bisa menggambarkan situasi secara keseluruhan. - QQ Online

"Sebuah foto yang diambil dari salah satu sudut tidak menggambarkan situasi secara keseluruhan. Yang saya kurang paham karena banyak event sembahyang di Prambanan. Ada juga sembahyang pas ada rombongan perjalanan suci atau tirta yatra dari beberapa umat Hindu yang ada di luar DIY-Jateng bisa terlihat seperti itu," jelasnya.

"Atau pas acara Tawur Kesanga, bila difoto dari sudut barat daya bisa juga tampak seperti itu," lanjutnya.




Menurutnya, dalam acara tertentu umat Hindu memang biasa bersembahyang di luar pagar Candi Prambanan. Apalagi jika umat Hindu yang hadir di Prambanan jumlahnya ribuan. Sehingga umat Hindu bersembahyang di luar ring 1 atau di luar pagar Candi Prambanan.

"Bila saat upacara Tawur Kesanga di Prambanan, kami memang sembahyangnya dari luar ring 1 candi. Karena jumlah umat Hindu yang hadir puluhan ribu sehingga tidak muat kalau semua masuk ke ring 1 candi. Namun ada prosesi yang masuk candi untuk mohon air suci atau mendak tirta," paparnya.

Baca Juga : Urutan Series Film Pirates of the Caribbean

Dia pun menegaskan tidak ingin hubungan baik dengan berbagai pihak rusak akibat salah dalam mengomentari foto di postingan tersebut.

"Kami tidak mau hubungan kami dengan Balai Pengelola Cagar Budaya (BPCB) jadi kurang baik karena salah komentar suatu event yang tidak jelas," sebutnya.


Posting Komentar

0 Komentar